Home » , , » Jenis Ikan Naga Yang Dikenal

Jenis Ikan Naga Yang Dikenal

Jenis Ikan Naga Yang Dikenal(akuariumikanhiasku) - Kerap Sekali banyak orang-orang menyebutkan ikan naga dari ciri fisiknya. ikan-ikan itu memanglah mempunyai sebagian ciri khas dari naga. inilah 5 type ikan yang kerap dimaksud ikan naga :


1. Ikan Palmas

Jenis Ikan Naga Yang Dikenal

Ikan Palmas, adalah ikan yang termasuk dalam Family Polypteridae (Bichir), artinya ikan bersirip banyak. Ikan Palmas sering disebut  ikan naga lantaran serupa benar dengan ular naga dalam legenda Tiongkok. Ikan ini termasuk juga ikan primitif serta kerap dikatakan sebagai “snake like fish” (ikan serupa dengan ular). Palmas, adalah salah satu dari type ikan purba/jurasic fish. Penyebaran yaitu di sekitar  Afrika Barat. Palmas yaitu ikan pemangsa (predator), carnivora. Ikan ini memiliki kekuatan untuk mengambil udara dengan alat yang sudah termodifikasi sedemikan rupa sehingga mirip paru-paru, selain itu ia dapat untuk merayap di atas tanah dengan memakai sirip dadanya yang sangat kuat. Oleh itu untuk memeihara palmas ada baiknya supaya ditutup  dengan baik untuk menghindari ikan itu hilang/melompat.

2. Ikan Hamster
Jenis Ikan Naga Yang Dikenal

Axolotl (Ambystoma mexicanum) yaitu type salamander yang menggunakan seluruh hidupnya berbentuk larva. Binatang eksotis nan unik ini terkadang dikatakan sebagai “Ikan Jalan Meksiko” lantaran ia tampak seperti ikan yang mempunyai tangan serta kaki. Tetapi, Axolotl sesungguhnya tak sejenis ikan, namun sejenis salamander yang diketemukan di Mexico City. panjang Axolotl bisa mencapai  30 cm, tetapi ukuran hampir rata-rata cuma 15 cm. Warna badan mereka pirangan kehitaman atau cokelat rata-rata serta semakin banyak yang albino dengan warna pink. Hewan lucu ini mempunyai insang yang ada diluar badannya. Insang nampaknya ada di samping kepalanya hingga sekilas tampak seperti tanduk. Orang Timur kerap membuat suatu fantasi yang terkait dengan sebuah legenda naga, hingga ikan ini kerap dikatakan sebagai ikan naga. Axolotl kadal termasuk juga yang mempunyai usia panjang, Axolotl dapat hidup hingga 10-15 th. serta bisa tumbuh sampai 60cm, bahkan juga ada yang pernah menangkap ekor Axolotl raksasa di pedalaman Meksiko yang s/d 1, 4 mtr., penemuan itu betul-betul mengagetkan, tetapi sesudah hati-hati oleh beberapa pakar itu cuma kondisi abnormal yang tidak sering berlangsung (gigantisme)

3. Ikan Arwana
Jenis Ikan Naga Yang Dikenal

Arwana termasuk juga famili ikan “karuhun”, yakni Osteoglasidae atau famili ikan “bony-tongue” (lidah bertulang), lantaran sisi basic mulutnya berbentuk tulang yang berperan juga sebagai gigi. Arwana memiki beragam julukan, seperti : Ikan Naga (Dragon Fish), Saratoga, Barramundi,  PlaTapad, Siluk, Kayangan, Peyang, Tangkelese, Aruwana, atau Arowana, Kelesa,  bergantung dari tempatnya.
Bentuk serta tampilan arwana termasuk juga cantik serta unik. Badannya memanjang, ramping, serta “stream line”, dengan gerakan renang sangatlah anggun. Arwana di alam memiliki variasi warna seperti hijau, perak, atau merah. Pada bibir bawahnya ada dua buah sungut yang berperan juga sebagai sensor getar untuk tahu posisi mangsa di permukaan air. Sungut ini termasuk juga dalam persyaratan penilaian keindahan ikan.
Di alam mereka berenang di dekat permukaan untuk berburu mangsa. Arwana bisa terima semua type pakan untuk  ikan karnivora, namun kerapkali mereka jadi sangatlah suka pada salah satu type pakan saja, serta menampik type yang lain.

4. Ikan Arapaima
Jenis Ikan Naga Yang Dikenal

Termasuk juga kerabat dekat dengan arwana, arapaima Amazon yang terkadang dikira juga sebagai ikan air tawar paling besar didunia. Menurut gambaran awal, ikan ini dapat tumbuh sampai 4, 5 mtr. panjangnya, namun saat ini, individu-individu yang sangatlah besar seperti ini tidak sering diketemukan serta rata-rata arapaima dewasa yang diketemukan hanya yang panjangnya  berkisar 2 meteran. Predator ini bergerak sangat lambat serta mengonsumsi ikan kecil, serta apapun yang kecil yang dapat muat dimulut mereka. Suatu ciri menarik dari ikan ini yaitu bahwa mereka butuh oksigen dari hawa, untuk bertahan hidup. Arapaimas tak beresiko untuk manusia serta kerap diburu untuk daging mereka, sayangnya, mereka sangatlah langka sekarang ini. Walau arapaima nampaknya nampak di saat Miosen, namun mereka masuk famili yang tambah lebih tua, yakni Osteoglossidae, serta asal-usulnya bisa dikilas balik kembali ke zaman dinosaurus.

5. Oarfish
Jenis Ikan Naga Yang Dikenal

Oarfish termasuk juga ke family Regalecidae yang mempunyai empat spesies. Salah satu spesies, Regalecus Glesne, pernah masuk ke Guinnes Book of World Record lantaran pernah diketemukan seekor yang hidup dengan panjang badan sampai meraih 11 mtr. (36 kaki). Ikan ini mempunyai sirip tunggal berwarna merah serta termasuk juga jenis ikan yang penyendiri. Tetapi  pada saat ikan ini tengah mengalami  sakit atau sekarat, kelihatannya sang penyendiri ini tidaklah mau mati dalam kesepian. Jadi ia akan naik ke atas permukaan laut serta bertahan disitu sampai dengan mati. Mungkin saja untuk menarik perhatian dari beberapa pelaut, atau cuma mau melihat matahari untuk paling akhir kalinya. Beberapa pelaut saat lampau mungkin saja sudah lihat ikan ini di permukaan serta mempersepsikannya juga sebagai monster laut. Umpamanya, pada th. 1860, saat seekor Oarfish sekitar  5 meter. terdampar di pantai Bermuda, beberapa masyarakat selekasnya mengkaitkannya dengan monster laut yang legendaris.

Sebagian ilmuwan yakin bahwa besar kemungkinannya ada Oarfish yang ukurannya bisa melebihi 11 meter.. Tetapi hingga saat ini belum ada yang berhasil membuktikanya.

1 komentar: