Home » » Beberapa Penyakit Yang Menyerang Ikan Koi dan Cara Mengobatinya

Beberapa Penyakit Yang Menyerang Ikan Koi dan Cara Mengobatinya


Beberapa Penyakit Yang Menyerang Ikan Koi dan Cara Mengobatinya


Beberapa Penyakit Yang Menyerang Ikan Koi dan Cara Mengobatinya - Siapa yang tidak senang dengan keindahan ikan yang satu ini. Ikan yang berasal dari negara sakura ini membuat para pecinta ikan hias khususnya ikan koi berlomba-lomba untuk memelihara ikan ini, pada umumnya mereka inigin melihat tampilan warna-warna cantik yang keluar dari ikan Koi. 

Tetapi, adanya kekhawatirkan yang mendalam tentang adanya penyakit yang bisa menyerang ikan-ikan koi tersebut Beberapa penyakit sering timbul dikarenakan oleh kualitas air yang kurang baik. Kualitas air mempengaruhi perkembangan jamur serta bakteri yang ada di dalam air sehingga  akan mempengaruhi kesehatan pada ikan Koi.  

Sekarang timbul pertanyaan dari sebagian besar pecinta ikan koi ini, Apa penyakit yang bisa menyerang ikan Koi? Apa penyakit itu dapat pulih atau di hilangkan?


Di bawah ini adalah penyakit yang biasa menyerang ikan koi


1. White Spot

Beberapa Penyakit Yang Menyerang Ikan Koi dan Cara Mengobatinya


Penyakit ini adalah penyakit yang sangat umum menyerang ikan-ikan tropis, penyakit ini terlihat dengan munculnya bintik putih pada permukaan sisik ikan koi hal ini dikarenakan oleh protozoa(protuzoa Ichchyophthirius multifilis). Memang sekilas tidak kelihatan oleh mata, bakteri ini memiliki ukuran kecil. Tapi bila banyaknya banyak serta menyatu pada sebuah titik, akan tampak seperti  bintik-bintik putih.

Bintik putih tersebut  awalnya hanya muncul pada bagian permukaan, jika dibiarkan dalam waktu lama akan menyerang sisi dalam ikan sperti sirip,ingsang serta anggota tubuh lainnya
Ikan koi yang terserang penyakit ini terlihat seperti terutup bedak putih. 

Parasit putih ini menyerap lendir ikan koi. Dalam periode waktu lama, badan ikan koi jadi kurus serta pada akhirnya dapat mati.Pemicu penyakit ini adalah kualitas air yang jelek, tidak seimbangnya mineral di air

Pengobatan  penyakit white spot pada ikan adalah dengan 
  • meningkatkan suhu air kolam dikit diatas suhu air kolam umumnya. 
  • Lantas memberikan Metheline blue ke air kolam dengan ukuran 0,5 gr per 1 ton air 
  • Kemudian pisahkan ikan yang sakit.

2. Penyakit Koi Kapas Putih 

Penyakit pada ikan ini umumnya menyerang ikan koi yang sedang mengalami luka. Juga bisa muncul dikarenakan ai dalam akuarium yang kotor. Penyebab utamanya adalah jamur saprolegnia atau lebih dikenal dengan si kapas putih.

Baca juga : Membuat Filter Air Koi Supaya Kolam Tidak Keruh


Jamur penyakit ini memang suka tumbuh pada lingkungan yang kotor, pada sisi luka pada ikan. Umumnya luka pada ikan sering timbul dikarenakan  gigitan kutu ikan. Ini pula  yang menjadi potensi tumbuhnya jamur kapas putih.

Pengobatan penyakit jamur kapas putih

  • Memakai larutan garam natrium klorida (NaCl) dengan pemakaian antara 1,5 persen sampai 2,5 persen.
  • Celupkan ikan koi dalam laruta NaCl
  • Membersihkan bulu-bulu halus jamur pada badan ikan, pakai kapas yang diolesi obat merah.
  • Step terakhir, mandikan ikan dengan larutan Monofuracin, untuk membersihkan bekas larutan natrium klorida serta obat merah.

3. Penyakit Lernaea 

Beberapa Penyakit Yang Menyerang Ikan Koi dan Cara Mengobatinya


Penyakit ini seringkali juga dikenal dengan penyakit si cacing jangkar. Ini ialah nama parasit yang ering dilihat melekat  pada bagian luar badan ikan serta insang ikan koi. Biasanya parasit ini  menempel dan masuk ke dalam kulit ikan untuk memakan jaringannya, si cacing jangkar mengisap cairan badan ikan. Ikan koi bisa menjadi lemas serta kurus dalam kurun waktu lama. Bila tidak selekasnya diatasi, ikan akan mati.

Cacing parasit koi ini sangat  gampang sekali berkembangbiak. Bila satu koi yang terjangkit cacing ini, ikan koi yang lainnya yang ada didalam sebuah kolam yang sama   bisa dengan cepat terinfeksi juga.

Pengobatan yang harus dilakukan dengan penyakit cacing lernaea

  • Jika jumlahnya masih sedikit, cacing ini bisa diambil dari badan ikan koi dengan pinset kemudian gosok dengan Neosporin
  • Berikan obat merah pada luka  yang diakibatkan oleh gigitan cacing ini.
  • Bila banyaknya banyak serta rata, pengobatannya dapat memakai formalin atau Dephterex.
  • Rendamlah ikan koi yang terserang cacing ke dalam larutan formalin dengan konsentrasi 25 ppm. Lakukan hal ini kira-kira 10 menit.
  • Ulangilah proses perendaman  ikan itu 2 sampai 3 kali tiap-tiap 2 hari.


4. Luka Gores 

Ikan koi sering sekali melakukan gerakan-gerakan yang extreem serta dilakukan secara mendadak, jika pergerakan tersebut mengenai permukaan tajam, maka akan menyebabkan luka pada ikan koi. Ikan yang melompat keluar dari kolam juga sering memunculkan luka gores pada ikan ini

Beberapa Penyakit Yang Menyerang Ikan Koi dan Cara Mengobatinya


Bila tidak diatasi, luka gores bisa segera mengakibatkan infeksi bakteri.

Berikut pengobatan yang harus dilakukan segera

  • Rendamlah badan ikan koi dalam larutan Monafuracin, kurang lebih selama 4 sampai 5 hari.

5. Penyakit Lumpur 

Pada ikan koi Pemberian makanan yang terlalu banyak memiliki kandungan protein pada suhu air kolam yang rendah mengakibatkan kulit ikan koi akan mengalami iritasi, serta infeksi bakteri pada pembuluh darah. 

Berikut pengobatan yang dilakukan terhadap penyakit lumpur.
  • Kondisi tidak sehat ini bisa kembali normal bila air ditukar dengan air baru serta bersih.
  • Supaya kondisi ikan koi bisa selekasnya sembuh, pakai garam dapur sekitar  10% untuk merendam ikan koi. Rendam selama satu jam  didalam air garam.
  • Langkah lainnya menangani penyakit lumpur ialah memberi makanan pada ikan koi yang dicampur dengan  beberapa tetes Merchurochrome serta satu sendok Aureomycin.
  • Saat proses pengobatan, makanan ikan koi harus memakai selada atau kubis. Fungsinya, untuk kembalikan keadaan dari lambung ikan.


6. Jamur Batang Insang 

Seringkali jamur menyerang batang insang pada ikan koi. Mengakibatkan, ikan jadi berkurang nafsu untuk makannya, malas menggerakkan insang, serta malas untuk berenang.

Keadaan kolam yang kotor adalah salah satu penyebab cepatnya penyebaran jamur ini . Suhu kolam yang sangat tinggi dapat juga mempercepat penyebaran jamur ini. Kondisi akan makin bertambah parah dengan adanya pemberian makanan yang berlebihan sehingga banyak meninggalkan sisa makanan.

Bila ikan terlanjur terserang panyakit ini, segera lakukan pengobatan 
  • Dengan merendam ikan koi ke larutan yang terbagi dalam kombinasi air, green F, serta Aureomycin. Takarannya  10 liter air bersih, 0,1 gr Green F, serta 1 sendoh teh Aureomycin. Lama waktu perendaman biasanya tercantum dalam paket obat.

7. Penyakit lumpuh pada ikan koi

Kelumpuhan pada ikan koi umumnya diikuti dengan ikan yang berenang miring atau kaku. Bila kondisi telah menjadi parah, pergerakan ikan koi jadi limbung, ekornya bengkok ke atas waktu diam.

Pemicu penyakit ini umumnya ialah sebab keracunan obat-obatan. Jauhi bahan kimia yang beresiko serta beracun untuk penyakit ini.

8. Penyakit punggung kurus 

Walau dapat berenang seperti biasa, Fisik ikan koi jadi kurang menarik, sebab punggung ikan jadi terlihat begitu kurus. Hal ini disebabkan adnya  pengurangan lemak dalam jumlahnya yang banyak pada ikan.

Untuk pengobatan penyakit ini diberikan,makanan seperti  wortel, vitamin E, chlorella, serta mineral.

Baca juga : Tips Mengetahui Kualitas Ikan Koi


Demikian artikel Beberapa Penyakit Yang Menyerang Ikan Koi dan Cara Mengobatinya semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang penyakityang biasa timbul pada ikan koi dan bagaimana pengobatannnya

0 komentar:

Posting Komentar