Home » » Mengenal Black Ghost Ikan Penghasil Listrik

Mengenal Black Ghost Ikan Penghasil Listrik

Mengenal Black Ghost  Ikan Penghasil Listrik
Mengenal Black Ghost Ikan Penghasil Listrik - Ikan Black Ghost (Apterontus albifrons) adalah ikan hias air tawar yang berasal dari sungai Amazone, Amerika Selatan . Ikan ini bisa memilki ukuran  sampai 50 cm. Dinamakan Black Ghost atau ‘Si Setan Hitam’ dikarenakan tubuhnya berwarna hitam kusam (warna putih cuma ada pada pangkal ekornya) sedang ikan ini senang bersembunyi dalam kegelapan pada siang hari serta lakukan aktivitasnya saat malam hari. Walau ikan ini diberi nama black ghost kenyataanya ikan ini adalah ikan yang jinak serta bisa berteman dengan ikan yang lain.

Ikan ini dapat menghasilkan Listrik , Ikan ini merupakan salah satu ikan hias yang dapat dipelihara di dalam akuarium  hal ini dikarenakan memiliki warna yang demikian eksotis serta gerakkanya yang begitu unik, maju mundur dan bentuk bawahnya mirip bendera waktu berkibar sehingga ikan ini banyak disukai menjadi ikan hias. 

Baca juga : Berbagai Cara Merawat Ikan Hias Di dalam Akuarium Kecil


Black Ghost berbentuk nokturnal dan dapat menghasilkan  listrik lemah (<1V/cm) dengan frekwensi medan listrik pada 0,1-10 kHz. Organ pada ekor ikan ini dapat menghasilkan listrik yang kemudian akan didistribusikan oleh reseptor yang berada di semua kulitnya untuk bisa mengetahui keberadaan  mangsa (larva serangga) dan untuk mengetahui objek yang berada  di sekitarnya  (navigasi) serta dapat berkomunikasi dengan ikan lainnya.

Memeliharaan Ikan Black Ghost


Ikan Black Ghost bisa hidup diperairan pada suhu 23 – 28 derajat celcius dengan pH 6,5 – 7,5. Makanan penting black ghost ialah berupa makanan hidup, beku atau kering yang bisa berbentuk larva serangga ataupun cacing beku. Pemberian makanan haruslah tidak terlalu berlebih sebab dapat mengotori air pada akuarium serta dapat meracuni air. 

Mengenal Black Ghost  Ikan Penghasil Listrik



Untuk pemeliharaan black ghost semestinya di akuarium yang gelap serta banyak tempat persembunyiannya sebab ikan black ghost itu pemalu. Pada saat akan memelihara ikan ini sangatlah tidak disarankan satu tempat dengan ikan penghasil listrik yang lain sebab listrik yang dihasilkan  bisa mengakibatkan kerusakan skema radar serta distem navigasi masing – masing ikan. Kemudian janganlah tempatkan ikan yang bersifat sebagai ikan pemangsa pada sebuah wadah dengan ikan black ghost karena ikan ini memiliki ekor yang mirip cacing.

Membedakan  Jantan serta Betina

Perbedaan  ciri dari ikan Black Ghost  jantan dan  ikan black ghost betina adalah bentuk badannya. untuk betina bertubuh lebih besar, panjang, ramping serta lurus dan bertubuh lebih kecil, pendek, gemuk, serta tidak lurus pergerakan tidak terlalu  gesit tidak selincah jantan

Baca juga : Mengenal Tiger Fish Ikan Hias Langka Yang Diburu Collector


Demikian artikel Mengenal Black Ghost Ikan Penghasil Listrik semoga dapat menambah wawasan dan mungkin ada rencana memelihara ikan black ghost ini.

0 komentar:

Posting Komentar