Home » » Tips Memadukan Ikan Arwana Dengan Ikan Lain

Tips Memadukan Ikan Arwana Dengan Ikan Lain

Tips Memadukan Ikan Arwana Dengan Ikan Lain
Tips Memadukan Ikan Arwana Dengan Ikan Lain -Biasanya ikan arwana dipelihara dengan cara soliter atau terpisah. Namun seseorang penggemar ikan hias arwana  di Yogya memelihara ikan arwana dicampur dengan lele bangkok  serta ikan oscar. Pada kenyataannya ketiga ikan tadi dalam satu akuarium tak saling berkelahi satu sama lain. 

Arwana masih bertahan  sebagai ikan hias yang harganya cukup mahal, walaupun jumlah penggemarnya tak  setinggi  tahun-tahun yang lalu. Awal, meledaknya jumlah pengagum arwana dahulu, lantaran beberapa orang terpukau oleh harga ikanarwana  yang melejit hingga jutaan rupiah. Walau demikian, nyatanya tak semua  ikan arwana harga nya dapat setinggi itu. Cuma ikan  dari jenis  golden red, serta super red yang harga nya dapat meraih diatas Rp. 1.000.000,00 untuk panjang 30 cm. Ikan arwana  yang lain, harganya lebih rendah. 

Akuarium Ideal Untuk Ikan Hias Arwana  

Paling idealnya ikan arwana  dipelihara dalam akuarium segiempat yang memanjang. Dikarenakan cocok dengan bentuk badannya yang panjang, ikan juga dapat berenang bebas mengitari akuarium. Sudah dipastikan besarnya akuarium harus sesuai dengan ukuran dari ikan. “Pada akuarium segiempat tidak banyak  terpotong dinding kacanya, hingga penampilan ikan hias arwana dapat utuh prima. Jika peletakan akuarium ikan hias arwana  ini dalam rumah sesuai, pasti bakal jadi sumber pemandangan serta hiburan yang ideal. 

Ikan Arwana  Dapat digabung dengan Type Ikan Lain 

Selain sebagai ikan hias,banyak juga ikan arwana  dipelihara dengan cara soliter (sendirian). Walau dipelihara bercampur dengan type ikan lain , arwana terlihat lebih menarik, lantaran jarang ada pengagum arwana  melakukan hal seperti  itu. Pemeliharaan ikan arwana   dengan cara kombinasi ini dikerjakan oleh pengagum ikan arwana  kita sebut saja Bapak Ahmad di Yogyakarta dalam akuarium memiliki ukuran dimensi  1 x 0, 5 x 0, 5 m, akuarium ini  di isi 1 ekor arwana memiliki ukuran panjang 30 cm, 2 ekor ikan oscar memiliki ukuran 25 cm, serta 2 ekor ikan pangasius (sejenis ikan lele bangkok/ikan patin) yang memiliki ukuran panjang 25 cm. “Walaupun dalam situasi lapar sekalipun, mereka tak saling berkelahi  lantaran telah sama-sama mengenal” tuturnya. 

Bagaimanakah Mencampurkannya? 

Sama dengan pencinta yang lain, dahulu ia juga pelihara ikan arwana  dalam akuariumnya hanya 1 ekor saja. Walau demikian, saat memiliki 2 ekor ikan oscar ia tidak mempunyai akuarium lain untuk meletakan ikannya itu. Dengan sangat terpaksa ia pun mesti meletakkannya dalam satu akuarium dengan ikan hias arwana. Caranya, ikan arwana  yang telah lama tinggal di dalamnya di beri makan hingga kenyang dulu dengan beberapa udang kali. Sesudah ikan arwana  kenyang, baru ikan oscar dimasukkan serta berkumpul bersama dalam satu akuarium dengan arwana. 

Penghuni lama yang telah kenyang akan lebih tenang terima hadirnya penghuni baru, bapak ahmad menuturkan. 
sehingga ikan yang baru saja masuk tak berenang pontang-panting dikejar arwana. Penghuni lama yang sedang lapar bisa menjadi geram, hingga ikan yang baru jadi tujuan kemarahannya. Sama dengan langkah pertama tadi, ke-2 ekor pangasius dimasukkan dalam akuarium , dengan lebih dahulu memberikan makanan hingga ikan arwana kenyang . Saat ini ketiga type ikan hiasnya ini hidup cocok dalam satu tempat yang sama, dan tidak saling  mengganggu. 

Ketiga type ikannya di beri makanan berupa udang. Makanan diberikan cukup seperlunya , terlebih ketika ikan  lapar. Udang diberikan satu persatu. Demikian disahut habis, ditambah lagi. Bila ikan telah tak tunjukkan reaksi, pemberian makanan dihentikan. Dengan hal tersebut isi akuarium terbangun kebersihannya

Demikian artikel tips memadukan ikan arwana dengan ikan lain semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi para pencinta ikan hias khususnya ikan arwana.


0 komentar:

Posting Komentar