Home » , , , , , , , , » Jenis Ikan Hias Air Tawar Populer Di Sekitar Kita

Jenis Ikan Hias Air Tawar Populer Di Sekitar Kita

Jenis Ikan Hias Air Tawar Populer Di Sekitar Kita - Halo semua, kembali lagi di artikel saya. Untuk beberapa penghobi atau yang baru ingin mengawali memelihara ikan hias air tawar saya miliki beberapa referensi nih untuk ikan hias yang gampang didapatkan. Kelebihan memelihara ikan hias ialah buat kamu yang tidak senang berisik serta suka pada ketenangan dan keindahan.

Memelihara ikan hias djuga apat menghilangkan stress dan penat, ketika melihat ikan-ikan yang indah terlihat di dalam akuarium.Untuk melihara ikan jenis air tawar ini tidaklah memiliki tempat yang besar,bisa juga dengan akuarium mini.

OK langsung aja ya ini adalah daftar ikan  yang paling populer  yang biasa dipelihara oleh kebanyakan  pecinta ikan hias.

Discus

Ikan discus ialah ikan  yang berasal dari sungai Amazon, ikan  ini begitu di sukai oleh penghobi ikan hias. Ikan discus ini memiliki badan yang banyak sekali variannya dan tentunya semua terlihat sangat artistik

Bentuk ikan discus ini bila dipandang dari depan akan berupa pipih serta berupa bulat bila dipandang dari samping, ya kira-kira seperti disk/cd kaset. Ukuran ikan discus dapat cuma sampai 15-25 cm saja.

Harga ikan discus ini begitu beragam, ikan ini dipandang dari warnanya serta ukuran, makin bagus warna serta besar tubuhnya ikan ini makin mahal. Saya tarif harga nya sampai Rp. 35.000 s/d Rp. 1.000.000

Jenis Ikan Hias Air Tawar

Ikan Arwana

Ikan arwana ialah ikan hias air tawar asli berasal dari indonesia, ikan ini datang dari pedalaman Papua serta Kalimantan. Ikan yang di juluki ikan naga ini memiliki 2 sungut dibawah bibirnya, sungut ini begitu bermanfaat untuk mendekeksi mangsa, tidaklah heran mengapa arwana dijuluki ikan predator.

Untuk harga ikan hias arwana ini sangat mahal bergantung type ikan itu. Ikan  ini umumnya di jual dengan memakai sertifikat, untuk  type atau varian  yang sangat murah ialah beberapa ratus ribu. Untuk paling mahalnya ialah type redblood yang berkisar sampai 60-80 jt untuk indukannya.



Jenis Ikan Hias Air Tawar


Baca Juga : Ikan Hias Arwana Super Red


Ikan Cupang/Betta Fish

Ikan cupang ini ialah ikan asli Indonesia di alam bebas di sungai, sedangkan untuk wilayah negara lain banyak diketemukan di Thailand, ikan hias ini tidak dapat digabung kan dengan sama-sama macamnya. Sebab ikan ini jenis petarung.

Cupang terdapat beberapa macamnya, hanya kita saat ini cuma memperbedakan menjadi 2 yakni ikan petarung serta ikan hias. Cupang hias di nilai dari siripnya yang besar serta berwarna-warni, untuk type petarung denga sirip yang kecil tapi begitu kuat.

Ikan cupang ini mempuanyai harga yang begitu berlainan dari mulai harga yang begitu murah sampai termahal juga ada. Untuk harga paling murah dapat anda beli di harga Rp. 3000 saja. Tapi untuk yang sangat mahal umumnya cupang yang menang kontes serta mempunyai sertifikat dapat sampai belasan juta.

Ikan ini malah begitu damai bila di gabungkan dengan type ikan lainnya yang terpenting bukan sejenisnya ya.

Jenis Ikan Hias Air Tawar


Ikan Molly

Ikan molly ialah keluarga ikan air tawar kecil, molly memiliki type yang begitu beragam, serta memiliki beberapa warna yang begitu indah tidak kalah dengan ikan hias air tawar type lainnya.

Ikan ini cenderung hidup damai dengan  lainnya, justru bila di akuariummu ada ikan predator tentu ikan ini yang dimangsa. Ikan ini begitu berteman dengan ikan hias lainnya yang mau berteman juga.

Bila kamu ingin memelihara  kamu tak perlu untuk memyiapkan akuarium yang besar cukuplah ukuran tengah 40×40 cm itu cukup sudah..


Tapi saya anjurkan untuk di gabungkan bersama ikan lain yang tidak bersifat pemangsa, tentunya akan lebih indah dilihatnya.


Untuk ukuran pada molly ini besarnya ialah 10 cm. Untuk memperbedakan jantan serta betina pada ikan ini adalah dari sisi ukuran tubuh, untuk jantan lebih kecil serta tubuhnya ramping. Untuk betina semakin besar serta terlihat gendut.

Molly ini begitu gampang untuk berkembang biak serta dari sisi makananpun tidak sulit untuk dicari. Sebab molly ini ialah omnivora ia mengonsumsi semua type pakan dari mulai pelet, cacing rambut serta lumut atau tumbuh-tumbuhan.


Ikan Hias Air Tawar

Ikan Blackghost

Blackghost Fish Ini ihidup di air tawar juga, sebab ini sangant unik, blackghost ini datang dari padalaman sungai Amazon serta Suriname, hewan ini pula nocturnal. Berkeliaran cuma pada malam hari, bila di siang hari anda lihat ikan ini begitu pemalu janganlah bingung.

Kekhasan ikan hias ini ialah ia dapat berenang mundur serta gerakannya yang tidak dapat dikerjakan ikan lainnya. Hingga ikan ini dijuluki menjadi “ikan penari”, karena ia yang memiliki sirip yang menggelambir dibawahnya serta badan yang begitu lentur.

Untuk makanan terunggul dari ikan blackghost ini ialah jentik nyamuk, cacing kering, cacing rambut, pelet sebetulnya bagus juga. Ikan ini gampang dipelihara cuma tinggal memberi tempat buat dia bersembunyi. Kamu bisa pelihara ikan hias ini di atau di luar rumah.

Ikan blackghost dapat dibanderol di harga sesuai dengan ukuranya, makin besar makin mahal. Rata-rata untuk ikan blackghost Rp. 10.000-Rp. 200.000, perekornya.

Ikan Hias Air Tawar



Ikan Guppy

Guppy Ikan ini ialah ikan air tawar paling kecil guppy ini begitu serupa dengan ikan cere. Untuk ukuran satu ekor guppy terbesar cuma sampai 3 cm saja. Ikan ini banyak di jumpai di daerah Barnados, Triniad, Guyana Brasil, serta banyak daerah di Asia.

Tapi dari badan yang kecil  guppy memiliki sirip di ekor pentingnya yang berbagai macam warnanya. Ikan guppy jantan serta betina sangat berlainan.

Langkah membedakan jantan serta betina ialah dari badan serta ekornya. Seperti ikan molly untuk yang jantan ukuran badan lebih kecil serta lebih ramping dari betina, ekornyapun yang jantan lebih lebar serta indah. Betina demikian sebaliknya tubuh gendut warna tidak secerah jantan, ekornya lebih kecil.

Untuk harga ikan guppy ini dari harga Rp. 3000 sampai Rp. 35.000, perekornya.


Ikan Hias Air Tawar



Ikan Sapu-Sapu Hias

 Ikan sapu-sapu bukan hanya ikan danau yang terlihat ikan yang kotor . Ikan sapu-sapu ada juga type hiasnya dari mulai sapu-sapu albino. Ikan sapu-sapu ialah type ikan yang damai pun, ia tidak mengonsumsi ikan lainnya. Sebab ikan ini pula tidak mempunyai gigi seperti ikan lainnya. Ikan ini pula pas untuk dikombinasi dengan ikan hias predator.

Ikan predator tahu jika sapu-sapu ini memiliki kulit yang keras serta rasa-rasanya tidak enak. Ikan sapu dijuluki menjadi OBnya akuarium sebab dari hobinya saja ikan ini melekat di kaca serta mengonsumsi lumut-lumut.

Ikan sapu-sapu sebetulnya ialah omnivora, ia mengonsumsi semuanya spserti lumut, kutu air, bahkan juga bila ada bangkai ikan lainnya ia akan mengkonsumsinya. Ikan ini dapat sampai ukuran yang besar sekali, dapat sampai panjang seputar 60 cm, untuk ukuran akuarium ini begitu lah besar, tapi bergantung macamnya. Ikan ini dapat jadi pelengkap ikan hias di akuariumu.


Ikan Hias Air Tawar



Ikan  Corydoras

Corydoras ikan  ini berasal dari Amerika selatan, serta mempunyai spesies yang cukuplah banyak lebih dari 140 spesies. Ikan hias ini umumnya di dapatkan di sungai-sungai besar serta sungai kecil. Ia ada di basic sungai sebab ia mengonsumsi makanan yang berada di basic pasir atau krikil.

Walau bentuk tubuhnya serupa dengan ikan sapu-sapu, tapi ia tidak termasuk juga golongannya. Sebab mulutnya serta makanannya yang berlainan, ikan ini pula lebih aktif di bandingan ikan sapu-sapu. Ikan ini justru seringkali di juluki  tikus, sebab dari badan dan langkah berenangnya serupa dengan tikus yang berjalan.

Corydoras di alam liar senang hidup dengan berkelompok bersama dengan denga beberapa ratus atau beberapa ribu ikan corydoras yang type tunggal lainnya, tetapi kadang ada spesies yang bercampur dengan spesies lainnya. Ikan ini mencari makan pada pagi hari.

Dengan tubuhnya yang serupa dengan lele ,bahkan  mempunyai patil disiripnya juga.

"Berhati-hati waktu memindahkan ikan ini, sebab dapat sampai tembus kulit manusia."

Ikan ini dapat hidup dengan usia yang cukuplah lama yakni sampai 20 tahun lamanya.

Ikan Hias Air Tawar



Ikan Lemon

Lemon Fish Diberi nama ikan lemon karena warna tubuhnya yang begitu serupa denagan kulit lemon, kuning cerah, disetiap ujung siripnya mempunyai warna hitam.

Meskipun ikan ini bukan type pemangsa, tapi ikan ini mempunyai karakter yang begitu agresif, buas, serta senang menyerang ikan lainnya. Lemon ini pula ikan yang sanagat rakus sekitar apa pun anda memberi makanan pada ikan ini tentu habis.

Itu bisa menjadi rutinitas yang kurang bagus untuk akuraium. Akuarium akan cepat kotor sebab dikarenakan kotoran yang dikeluarkan ikan lemon ini. Bila kamu ingin pelihara ikan ini janganlah beri makanan terlalu berlebih.


Ikan Hias Air Tawar


Baca juga: Tips Untuk Mempercantik Ikan Hias Arwana


Ikan  Coral/Mickey Mouse

Corral/Mickey Mouse merupakan varitas ikan platty, ikan hias ini yang sangat banyak di minati, ikan ini dikonsumsi mickey mouse sebab umumnya dari semua badan warna jingga dibagian belakangnya ada dikit warna hitam seperti tompel. Sebetulnya tidak ada hubunganya sich. Tidak semua ikan coral ini mempunyai warna hitam pada bagian belakangnya justru biasanya berwarna jingga utuh.

Ikan ini seperti ikan hias kecil lainnya mereka senang hidup lewat cara berkelompok. Ikan ini  tidak agresif, bila ikan prerdator di gabungkan dengan ikan mickey ini, tentu mickey bisa menjadi mangsa yang begitu gampang untuk disantap.


Ikan Hias Air Tawar


Ikan Rainbowfish

Rainbowfish banyak diketemukan di semua perairan Papua, Sulawesi, serta australia. Rainbowfish ini mempunyai banyak type lebih dari 53 spesies.

Sirip serta sisik ikan ini berwarna pelangi yang mengkilap, serta bentuk badan yang memanjang kedepan. Tapi tidak semua bentuk dari type ikan ini memanjang kedepan, ada pula yang namanya rainbow balon begitu popular. Ukuran ikan ini cuma bersekitar 6-10 cm saja.


Ikan Hias Air Tawar


Ikan Manfish/Ikan Layang-Layang

Ikan ini dinamakan semacam itu karena memiliki bentuk yang seperti layang-layang, tapi indah seperti ikan hias air laut.

Ikan hias ini datang dari perairan sungai Amazon, ikan yang berupa pipih karena itu ia termasuk juga ke family cichilf. Manfish memliki banyak warna variasi, dari albino, black, serta campur-campur. Memiliki bentuk badan yang kotak serta di lebih sirip yang memanjang membuat ikan ini serupa dengan busur panah.

Suhu air yang begitu disenangi ikan manfish ini ialah seputar 24-30 C. Ukuran ikan manfish dapat sampai 20 cm telah termasuk juga sirip serta ekor. Harga ikan hias angel fish dapat cukuplah dapat dijangkau cuma seharga Rp. 3000-Rp. 25.000 bergantung ukuran ikan itu.




Baca juga : Hewan Penambah Indah Akuarium Ikan Hias
Ikan Hias Air Tawar


Ikan Tawar Oscar

Oscar Oscar ialah jenis ikan hias yang belum pernah ada matinya ikan ini cocok di akuarium atau di kolam. Warna ikan oscar ini ada 2 gabungan, yakni gabungan pada hitam serta merah, satu kembali berwarna albino kombinasi putih serta merah yang kekuningan.

Ikan hias ini indah bila diberi lampu, warna merahnya sedikit akan menyala. Usia ikan oscar dapat sampai 10-12 tahun bila di beliharan dengan benar.

Ikan hias ini berbentuk begitu agresif serta buas, ikan ini benar-benar tidak pas untuk di gabungkan dengan ikan kecil. Ia tjuga tidak dapat dikumpulkan dengan sejenisnya di satu akuraium sebab oscar begitu mengawasi lokasi.


Tapi oscar pada pasangannya akan begitu setia jadi jika ingin menjadikan satu ikan dengan betina bukan jantan. Oscar pun mempunyai kecerdasan yang belebihi ikan lainnya.

Untuk harga ikan oscar ini dari dahulu sampai saat ini mempunyai harga yang konstan, untuk ukuran kecil sebesar 3 jari bisa dibeli di harga Rp. 10.000 saja. Untuk ukuran besarnya dapat sampai Rp. 150.000.


Ikan Hias Air Tawar



Ikan Belida

Ikan belida ini datang dari Indonesia banyak diketemukan di sungai Sumatera, bisa di dapatkan pun di Kalimanta, jawa, serta malaya. Orang sumatera biasa mengatakan ikan belido, nama ini diambil dari salah satunya nama sungai di Sumatera banyak pula yang mengatakan ikan pipih.

Ikan hias ini memiliki bentuk yang serupa dengan ikan blackghost, namun ukuran ikan ini tambah lebih besar. Ikan ini pula tidak dapat berjalan secepat ikan blackhost. Warna ikan ini abu-abu serta memiliki titik hitam di badanya.

Ikan ini dahulu begitu gampang di dapatkan, justru dahulu belida jadikan ikan konsumsi. Belida ialah bahan penting dari makanan pempek, kerupuk kemplang, akan tetapi sebab ikan ini sulit didapat sebab kuliatas sungai mulai buruk serta penangkapan yang berlebihan membuat ikan ini hampir punah, karena itu beberapa orang yang saat ini membudidayakan ikan ini untuk jadikan ikan hias akuraium.

Ikan Hias Air Tawar



Ikan Buaya/Aligator

Ikan ini diberi nama aligator karena mulutnya yang memoncong ke depan, dan mempunyai gigi yang tajam. Beberapa orang memanggilnya dengan nama ikan buaya, dari bentuk serta warna ini memang serupa ya dengan buaya.

Bentuk badan yang memanjang ke depan serta mulut moncong ke depan. Makanan ikan ini ialah ikan-ikan yang memiliki ukuran lebih kecil dari ia.

Dianjurkan tidak untuk mencapur aligator ini dengan ikan hias non pemangsa. Harga ikan ini cukuplah mahal ya untuk ukuran yang masih tetap kecilnya yang sebesar jadi orang dewasa dapat sampai Rp 50.000 perekornya.

Ikan Hias Air Tawar


Demikian Artikel informasi seputar ikan hias air tawar yang biasa kita pelihara untuk menghias kolam ikan hias dan mempercantik ruangan.

0 komentar:

Posting Komentar