Memilih Tanaman Aquascape Untuk Pemula

Memilih Tanaman Aquascape Untuk Pemula - Aquascape ialah merupakan seni membuat lanskap air di dalam akuarium Anda. Walau tujuan utama aquascape ialah membuat panorama bawah air yang indah, akan tetapi dilihat dari sisi perawatannya pun  pun harus dijadikan perhatian. Fungsinya juga bukan hanya sekedar  hiasan saja tetapi tempat tempat hidupnya berbagai ikan hias anda.

Buat beberapa penggemar tanaman air yang sudah lama menekuni dunia aquascape tentu saja telah mengenal dengan baik bagaimana langkah perawatannya. Akan tetapi, buat pemula tentunya memerlukan informasi yanh detail dan mudah dimengerti . Buat Anda yang baru akan memulai untuk memelihara tanaman aquascape haruslah  memiilih tanaman yang pas dan mudah, yaitu type yang tidak membutuhkan banyak perawatan serta dapat tumbuh tanpa adanya  CO2.

Dibawah ini akan dijelaskan jenis tanaman aquascape untuk pemula yang lebih mudah perawatannya:

1. Java Moss

Java moss adalah merupakan salah satu tanaman air yang cukup populer  di kelompok penggemar aquascape. Sesuai dengan namanya, java moss datang dari Pulau Jawa serta beberapa beberapa negara di Asia Tenggara. Kepopulerannya tidak lain dikarenakan perawatannya yang gampang dengan perkembangan yang cepat.
Java moss tidak membutuhkan perhatian yang khusus. Dia dapat hidup di semua type air serta semua jenis kualitas sinar. Tanaman aquascape ini dapat hidup dengan suhu 21-32 derajad celcius.

Daunnya berwarna hijau jelas serta tumbuh lebat sehingga membuat tampak begitu cantik. Java moss bisa melekat pada batu, akar, serta kayu apung. Tidaklah heran bila java moss masuk kedalam list rincian pertama tanaman aquascape yang direferensikan untuk pemula.

Tanaman Aquascape Untuk Pemula-java moss

2. Hemianthus Callitrichoides

Hemianthus Callitrichoides (HC Hemianthus Callitrichoides (Dwarf baby tears) ialah tanaman aquascape yang begitu cukup popular.Tanaman ini asli Kuba serta yang paling kecil dari spesies tanaman foreground yang ada untuk para pencinta aquascape. Tanaman ini merupakan kombinasi dari vegetasi riparian sungai mengalir tinggi serta sungai di Havana, Kuba. Tanaman ini pertama-tama dikenalkan para aquascapers sekitar awaln20 00-an. Dalam tempo kurang dari sepuluh tahun pertama kalinya dikembangkan, Hemianthus callitrichoides saat ini jadi tanaman yang umum serta begitu diperlukan untuk mempercanti aquascape. Daun kecil, padat, tumbuh rendah, serta tingkat perkembangan tanaman yang sedang  sehingga menjadikan tanaman ini baik untuk foreground serta pilihan lainnya dari Glossostigma elatinoides yang memiliki tingkat perkembangan tinggi serta pemeliharaan yang tinggi, sehingga cocok bagi pemula

Tanaman Aquascape Untuk Pemula-Hemianthus Callitrichoides

3. Hygrophila Difformis

Hygrophila Difformis. Hygrophila Difformis ialah salah satunya tanaman aquascape dengan penampilan yang indah serta sudah lama dibudidayakan dalam akuarium selama beberapa tahun belakangan. Tanaman ini  berasal Asia Selatan. Tanaman ini dapat tumbuh merambat ataupun tegak.

Tanaman Aquascape Untuk Pemula-Hygrophila Difformis

Baca Juga : Cara Merawat Aquascape Air Tawar Yang Benar


4. Lilaeopsis

Lilaeopsis Lilaeopsis adalah type aquascape yang sangat cocok  menjadi tanaman karpet di akuarium. Langkah perawatannya pun termasuk sangat gampang, Anda cuma cukup memangkasnya sekali-kali sehingga terbentuk tanaman yang rapi serta teratur.

Lilaeopsis tumbuh mirip rumput dengan ketinggian dapat sampai 5 cm. Suhu yang optimal untuk tanaman ini ialah 23-29 derajat celcius. Dengan nutrisi serta pencahayaan yang sesuai akan menumbuhkan tanaman karpet yang padat serta begitu mengesankan.

Beberapa kekeliruan yang muncul pada  waktu menanam, tanaman ini apabila tidak ditimpa dengan pasir yang halus serta berat. akan cepat terlepas. Lepasnya tanaman bisa jadi oleh air yang mengalir dan selalu mengikis permukaan pasir, hingga akar lila mulai tampak, serta mengakibatkan tanaman ini terlepas. Ini seringkali berlangsung pada pemasangan pertama-tama, jadi hati-hatilah dalam menempatkan filter air. Pastikan dulu akar lilaeopsis kuat didasar aquascape anda. Baru lah anda bisa berkreasi untuk peletakan filter airnya.

Menurut Para aquascaper yang berpengalaman material yang cocok untuk menanam lilaeopsis,adalah penggunaan  pasir yang betul-betul bisa mengikat tanaman ini didasar air. Untuk itu pakailah pasir halus.

Tanaman Aquascape Untuk Pemula-Lilaeopsis

5. Eleocharis Parvula

 Eleocharis parvula. Eleocharis parvula atau yang lebih umum dimaksud Dwarf Hairgrass ialah salah satunya tanaman karpet sangat popular. Tidak hanya penampilannya yang indah, dia pun populer sebab dapat tumbuh di beberapa keadaan air. Tanaman ini tumbuh dengan baik pada pencahayaan yang cukup sedang, akan tetapi bila Anda inginkan dia tumbuh secara cepat, sebaiknya dikasih pencahayaan tinggi.

Sebab pertumbuhannya yang cepat jadi Anda butuh memangkasnya dengan teratur. Bila Anda memakai CO2 serta pencahayaan tengah, sekurang-kurangnya pangkaslah sekali satu minggu.

Tanaman Aquascape Untuk Pemula-Eleocharis Parvula

6. Marsilea Minuta

Marsilea-Minuta. Tanaman yang dikenal juga menjadi Small Water Clover ini adalah merupakan salah satu tanaman air popular di kelompok beberapa penggemar ikan hias. Dia tumbuh menyebar secara cepat. Daunnya berwarna hijau fresh dengan bentuk mirip daun semanggi.

Perawatannya termasuk gampang. Bila pencahayaan kurang, dia akan tumbuh ke atas sampai mengapung ke permukaan air. Bila Anda inginkan tanaman karpet pada bagian dasar akuarium  semestinya dikasih pencahayaan cukup tinggi.

Bila tertarik, ada banyak type tanaman Marsilea di sini.

Tanaman Aquascape Untuk Pemula-Marsilea Minuta

Baca Juga : Berbagai Model Unik Akuarium Ikan Hias


7. Amazon Sword

Amazon sword ialah merupakan salah satu tanaman aquascape yang popular yang umum di jual di toko ikan hias. Tanaman ini seringkali jadikan menjadi latar belakang akuarium. Daunnya terlihat mirip pedang serta tumbuh lembat hingga ikan-ikan begitu menyenanginya menjadi tempat yang nyaman untuk bersembunyi.

Menjaga amazon sword pun termasuk gampang. Suhu tepat untuk tanaman ini ialah 22-28 derajat celcius. Untuk dapat tumbuh dengan baik, dia memerlukan pencahayaan yang tinggi.

Tanaman Aquascape Untuk Pemula-Amazon Sword

8. African Water Fern ( Bolbitis )

African Water Fern. African Water Fern atau diketahui juga dengan panggilan Bolbitis ialah salah satunya tanaman aquascape yang pas buat pemula sebab perawatannya yang gampang serta dapat tumbuh serta bertahan cukup lama. Tanaman ini tumbuh dari rimpang serta dengan mudahnya menempel pada batu, kayu atau permukaan alat yang lain. Dia dapat tumbuh dengan baik dengan pencahayaan yang tidak tinggi. 

Tanaman Aquascape Untuk Pemula-African Water Fern

9. Anubias Nana

Anubias nana. Anubias nana termasuk juga tanaman aquascape yang popular sebab tahan terhadap apapun serta gampang perawatannya. Daunnya berwarna hijau gelap berupa elips sampai 20 cm. Tidak hanya meningkatkan keindahan, dia pun dapat mentingkatkan kualitas air. Dia bisa tumbuh baik tanpa atau dengan CO2 serta bertahan hidup pada suhu 22-28 derajat celcius.

10. Java Fern

Java fern. Java fern atau diketahui juga dengan nama Microsorum Pteropus begitu direferensikan buat para pemula sebab perawatannya yang termasuk gampang. Bukan sekedar unggul sebab sifatnya yang gampang tumbuh, dia pun mempunyai penampilan yang menarik. Java vern dapat tumbuh hampir dimana saja. Anda dapat menempatkannya pada batu atau kayu apung.

Suhu paling tepat  untuk tanaman ini ialah 22-27 derajat celcius. Untuk pencahayaannya sendiri, dia dapat tumbuh baik pada sinar minim atau cukup sedang. Demikian sebaliknya, bila pencahayaan tinggi daunnya akan beralih warna jadi kecoklatan serta transparan.

Tanaman Aquascape Untuk Pemula-Java Fern

semoga arikel dari  akuariumikanhiasku.blogspot.com tentang memllih tanaman aquascape untuk pemula ini dapat menjadi inspirasi dan tentunya bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar