Home » , , » Cara Merawat Ikan Hias Diskus Dengan Benar

Cara Merawat Ikan Hias Diskus Dengan Benar

Cara Merawat Ikan Hias Diskus Dengan Benar
Cara Merawat Ikan Hias Diskus Dengan Benar|akuariumikanhiasku - Mungkin saja umumnya penggemar diskus mempunyai tantangan yang sama dalam membesarkan ikan mereka sesuai dengan harapan. beberapa orang memberi predikat ikan ini juga sebagai ikan yang ‘mudah sakit’, hingga beberapa orang menjadi gampang menyerah ketika tidak berhasil dalam pelihara ikan hias diskus. 

Tetapi, hal semacam ini tidak terjadi apabila anda tahu prosedur pemeliharaan sesuai kebersihan serta kesehatan ikan anda. Hal semacam ini terkait erat dengan pemberian pakan serta intensitas pergantian air pada akuarium. 


Beberapa permasalahan yang kerap berlangsung pada ikan diskus adalah stress pada ikan. 

Berdasar pada pengalaman saya serta beberapa orang tentang ikan hias yang stress adalah gampang terkena penyakit. Hal semacam ini disebabkan lantaran terganggunya sistem metabolisme pada ikan hias. Diluar itu, butuh anda kenali bahwa tiap-tiap akuarium mempunyai koloni mikroorganisme baik yang berguna ataupun tak berguna (membawa penyakit). 

Untuk menghindar terjadinya hal yg tidak di idamkan, beberapa hal mesti anda cermati dengan baik. 
Berdasar pada pengalaman saya, keadaan lingkungan akuarium sangatlah punya pengaruh pada kesehatan ikan hias diskus anda. Karenanya, janganlah terlampau pelit untuk sediakan beberapa alat penunjangnya, seperti pemanas (heater) yang anda butuhkan waktu keadaan temperatur air tak meraih suhu yang diperlukan ikan hias diskus. Umumnya, pada daerah beriklim tropis seperti di Indonesia sekarang ini diperlukan sekurang-kurangnya dibutuhkan temperatur pada 27-32°C. 


Penyinaran juga jadi aspek utama dalam pemeliharaan ikan hias diskus. Upayakan anda berikan cahaya pada akurium dengan cara cukup. Penyinaran yang cukup dapat juga memberi kesan indah pada corak ikan hias diskus anda, tetapi penyinaran yang terlalu berlebih bakal tingkatkan suhu air yang bisa menyebabkan perkembangan lumut di akuarium. 


Kebersihan air akuarium jadi hal paling utama sebagai perhatian saya. Umumnya ganti air akuarium 2x tiap-tiap minggunya. Tetapi, jika terlampau repot, 1 minggu sekali jadi keharusan paling utama pada kesehatan ikan hias yang dipelihara. Pergantian air yang dikerjakan juga tak mengganti air keseluruhannya pada akuarium, namun kurangi air sepertiga air di akuarium lalu isi kembali air bersih sesuai sama intensitas air yang menyusut. 

Dengan keadaan akuarium yang maksimal, keadaan ikan hias diskus anda bakal terlepas dari stress serta munculnya penyakit. Jadi, semaksimal mungkin saja usahakan untuk membuat habitat ikan hias diskus yang nyaman serta bersih. Dengan keadaan itu, ikan hias diskus anda bakal makin aktif serta responsif hingga mempunyai nafsu makan yang baik juga supaya kesehatan diskus bisa terbangun. 

Pemberian Pakan Paling baik Untuk Diskus 


Pemberian pakan yang paling baik pada ikan diskus bakal membuahkan ikan hias diskus yang tumbuh dengan cara sehat serta bisa berkembang biak. Demikian sebaliknya, jika pemberian pakan pada ikan hias diskus tak dikerjakan dengan teratur serta serius, jadi ikan hias diskus yang dihasilkan bakal mengecewakan. 

Di alamnya, ikan hias diskus adalah pemakan semua. Pakan yang dikonsumsi sangatlah beragam, dari larva-larva serangga, beragam jenis type cacing,dan juga berbagai buah-buahan yang terjatuh dari pohonnya yang menutupi sungai. 

Dari info ini, kita mulai bisa berpikir tentang variasi pakan yang pas pada ikan hias diskus. Hal semacam ini dikerjakan lantaran tak ada satu resep baku tentang pengertian pakan yang baik untuk diskus. 

Info yang lain yang pantas jadi pertimbangan anda adalah kandungan protein sebagai sumber tenaga pada ikan  hias diskus sebesar 30-45 persen dari keseluruhan pakannya. Diluar itu, badan ikan hias diskus memerlukan vitamin serta mineral. Vitamin berperan sebagi katalisator dalam sistem metabolisme badan. Sedang mineral berperan juga sebagai sistem pembentuk jaringan badan dan menjaga keseimbangan osmosis. Tetapi, jumlah yang diperlukan sangat kecil. 

Pakan yang ada sekarang ini bisa dibedakan jadi 2 type menurut asal-usulnya, yakni pakan alami dan pakan buatan. Pakan alami berasal dari sumber-sumber alami di sekitar habitat asli ikan, seperti cacing, larva, serangga sampai tumbuhan air. Tetapi, pemberian pakan dengan cara alami mempunyai beberapa kemungkinan pembawa beragam bibit penyakit disebabkan banyak pencemaran lingkungan sekarang ini. Sedang pakan buatan merupakan pencampuran beragam type kandungan serta nutrisi yang diperlukan ikan hias  dengan memakai pemrosesan oleh manusia. Umumnya, pakan buatan memiliki kandungan unsur-unsur penambahan serta obat-obat spesifik seperti pembangkit warna.

System filtrasi yang baik untuk pemeliharaan discus yaitu hal yang mutlak, bahkan juga penting. Hal semacam ini yaitu kunci paling utama untuk merawat kwalitas air supaya terus sempurna, diluar itu sudah pasti untuk hindari kewajiban lakukan sistem perubahan air yang terus-menerus. 

Hal paling utama yang wajib diingat oleh anda yang mau menjalani dalam pemeliharaan ikan hias diskus ini yaitu ciri-ciri air yang disenanginya. 

Tingkat keasaman  dari air (pH) . 
Sangat baik apabila pH air mendekati angka netral. 
Pertahankan agar pH ada pada kisaran pH 6. 0 serta 7. 0. 
Discus bakal nyaman dengan kisaran pH seperti ini. 

Untuk merawat stabilitas pH, jadi kesadaran akan air juga butuh di cermati. Upayakan supaya kesadahan Kalsium ada dalam kisaran 5 -7 KH, sedang untuk kesadahan umum pada kisaran 12 – 15 GH. Cermati keadaan air di lingkungan tempat anda pelihara ikan hias diskus. Jika kesadahan air kian lebih 12gH, jadi manfaatkanlah filter reverse osmosis. Ia bisa kembalikan kesadahan air pada derajat yang diperlukan. Cartridge dari Filter reverse osmosis butuh ditukar dengan cara berkala, serta frekuensi pergantiannya bergantung seberapa tinggi tingkat senyawa yang terdapat di air yang anda gunakan. 

Setelah itu yaitu takaran amonia. Amonia yaitu kandungan senyawa yang benar-benar jelek di di air, yang bisa mengakibatkan kematian pada ikan ikan hias diskus. Ia yaitu senyawa yang dihasilkan dari kotoran yang dibuang oleh ikan dari bekas makanannya. Idealnya yaitu, bahwa dalam tangki/aquarium tak memiliki kandungan amonia sekalipun (0%) . Disinilah kenapa filter didalam akuarium ikan hias diskus yaitu hal yang harus diaplikasikan. 

0 komentar:

Posting Komentar