Home » , » Jenis Ikan Arwana Mahal Di Indonesia

Jenis Ikan Arwana Mahal Di Indonesia

Jenis Ikan Arwana Mahal Di Indonesia

Jenis Ikan Arwana Mahal Di Indonesia(akuariumikanhiasku) - Arwana sering dianggap oleh kebanyakan orang adalah sebagai ikan keberuntungan yang dapat mendatangkan hoki dan juga dapat membuat perlindungan terhadap rumah dari arwah pengganggu.


Baca juga:makanan yang baik untuk ikan arwana


Ikan ini mempunyai bentuk tubuh yang unik, yaitu memanjang dan ramping hampir mirip dengan pisau. Selain itu, ikan arwana juga memiliki ciri khas sendiri, yaitu dua buah sungut yang ada pada bibir bawahnya. Sungut itu bertindak sebagai sensor getar untuk tahu dimana posisi dari mangsa.Gerakan renang ikan ini sangat anggun dan sisik-sisiknya yang bersinar menambah keindahan.

ikan ini termasuk jenis ikan yang dilindungi karena populasi ikan ini di alam mempunyai jumlah yang terbatas. Hal ini juga yang menjadi salah satu  yang menyebabkan mahalnya harga ikan arwana.

Walaupun harga nya termasuk mahal, namun arwana ini  selalu diminati oleh bayak orang karena keindahannya.

Dibawah ini ada beberapa type arwana yang ada di seluruh dunia : 

1. Arwana Super Red

Jenis ini datang dari Indonesia, tepatnya di pulau Kalimantan barat tepatnya di sungai kapuas dan danau sentarum. Arwana jenis ini pada dasarnya terdiri lagi jadi beberapa varietas berdasarkan warna, yaitu warna merah darah (blood red), merah cabe/cabai (chili red), merah oranye (orange red).
Arwana Red
Jenis Ikan Arwana Mahal Di Indonesia

Ikan jenis ini memiliki warna merah pada sirip, ekor, dan sungut . Waktu ikan masih kecil akan terlihat juga di bagian pipi dan pinggir insang. Warna merah pada badan itu akan mulai keluar saat ikan berumur kurang lebih sekitar 3-4 tahunn.Namun sebagian pecinta ikan seringkali menggunakan trik-trik untuk membantu mempercepat pergantian warna, seperti tanning, pemberian pakan yang bagus untuk pergantian warna, atau mungkin saja dengan menempatkan ikan di kolam yang sering terkena sinar matahari  secara langsung.

Arwana super red yaitu salah satu varietas arwana kebanggaan Indonesia. Keanggunan dan warnanya buat arwana jenis ini sangat di gemari sebagian hobby dari kebanyakan orang di seluruhnya dunia.
Harga ikan jenis ini bisa mencapai hingga Rp. 7.000.000.

2. Cross Black Golden Arwana (X Black Golden)

Jenis Ikan Arwana Mahal Di Indonesia

Varietas cross back golden/x back golden ini berasal dari negara Malaysia, seperti di daerah Perak, Bukit Merah, Johor, dan Trengganu. Golden cross back/x back yaitu salah satu dari varietas arwana golden.
Arwana ini di sebut cross back/x back karena saat dewasa lingkarann yang ada  pada sisik bisa sampai lewat punggung. Warna emas yang dimiliki arwana varietas ini cenderung lebih terang/mengkilap. Golden cross back sedikit susah untuk didapatkan, sampai harga nya juga lebih mahal dari varietas yang lain seperti Super Red.
Yang unik dari varietas ini yakni warna dasarnya yang berbagai, mulai dari purple base ,blue base, gold base dan silver base. Khusus untuk jenis yang memiliki warna gold base, lebih cepat mencapai warna yang penuh (umur muda).


3. Red Tail Golden Arwana

Jenis Ikan Arwana Mahal Di Indonesia

Red tail golden yakni salah satu varietas golden yang datang dari Indonesia, Arwana jenis ini sifatnya lebih agresif dari ikan jenis lainnya  Cross Black Golden. Seperti XCross Black Golden, ikan ini bisa memiliki keragaman warna basic/base color seperti, green base, blue base, dan gold base. Arwana ini dapat tumbuh makin besar dari pada Cross Black Golden.

Kekurangan dari arwana ini yakni warna sisik umumnya tidak bisa sampai lewat punggung dan hanya sampai pada level sisik ke 4 (dihitung dari bawah badan ke atas).
Harga varietas ini lebih murah dari super red, walaupun demikian arwana ini selalu memiliki kebanggaan sendiri untuk pemiliknya.
HargaRp. 4. 200. 000

3. Green Arwana (Arwana Pino)

Jenis Ikan Arwana Mahal Di Indonesia

Disebut green arwana karena jenis ini memiliki warna dasar hijau. Walaupun juga tidak memiliki ring (warna mengkilap di pinggir sisik) seperti saudaranya , Red Tail Golden/Cross Black Golden ,Super Red, green arwana juga memiliki keindahan sendiri. Varietas ini bisa diketahui di Malaysia, Kamboja, Indonesia ,Thailand & Myanmar. Green arwana umum dikalangan pencinta ikan hias di sebut arwana pino.

4. Banjar Red Arwana

Jenis Ikan Arwana Mahal Di Indonesia

Jenis ini seringkali dikira sebagai varietas arwana merah kelas dua. Jenis ini selalu memiliki ciri & khasnya sendiri. Sampai sebagian pencinta  masih tetap memburu arwana jenis ini. Mereka umumnya memelihara  sebagai koleksi. Warna sisiknya yang memiliki warna basic kehijauan & mirip seperti tapal kuda dan sedikit merah muda di usia dewasa buat arwana jenis ini cukup unik. Banjar red di usia mudanya, ukuran 10-15 cm terlihat sangat sama dengan arwana super red. Dari warna ekor dan sirip yang kemerahan,hampir sama dengan juga arwana super red. 

Namun setelah mencapai ukuran 15-20 cm umumnya warnanya mulai berpindah. Ekor mulai terlihat oranye. Banjar red tidak memiliki ring umumnya, sama dengan dengan green arwana. Harga dari banjar red juga lebih mahal dari green arwana (pino).
Harga Rp. 1. 800. 000

5. Jardini Arwana (Arwana Irian)

Jenis Ikan Arwana Mahal Di Indonesia

Warna yang dimiliki varietas arwana ini cukup unik. Warna dasarnya yakni hitam kecoklat-coklatan dengan bintik-bintik kuning ke emasan dibagian tengah sisik-sisiknya, bahkan di bagian kepala (pipi) sampai pada sirip & ekornya juga ada bintik-bintik kuning itu. Jardini datang dari australia, walaupun sering diketemukan di sekitar di pulau Irian sekarang bernama papua. Oleh karenanya jenis ini bisa disebut arwana Irian oleh sebagian penggemar.

Jardini arwana sebenarnya ada dua jenis warna, yaitu warna dasat yang  lebih gelap dan yang lebih terang. Yang memiliki warna dasar yang  lebih gelap yakni scleropages jardini dan yang memiliki dasar yang lebih terang yakni scleropages leichharti.
Harga Rp. 3.500 000

6. Silver Arwana (Brazil)

Jenis Ikan Arwana Mahal Di Indonesia

Arwana Brazil atau umum disebut Arwana Silver memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Dengan bentuk tubuh yang panjang dan sirip yang panjang juga, mulai dari segi tengah badan sampai pada ujung ekor memberikan kesan yang sangat anggun pada saat ikan ini berenang. Ikan  Arwana ini dapat tumbuh sampai 50 - 60 cm. Jenis ini datang dari Amerika Selatan, namun saat ini sudah dapat di kembang biakan di indonesia. Memang harga dari ikan  Arwana jenis ini lebih murah dari jenis Jardini. Namun apabila arwana ini sudah mempunyai ukuran besar sangat indah untuk dipandang.
Paling akhir beredar berita bahwa jenis ini sudah ada dengan warna platinum silver (warna silvernya serupa warna platinum & rata di seluruhnya tubuhnya).
Harga Rp. 2.000.000


Demikian artikel tentang jenis ikan arwana mahal di indonesia semoga menjadi tambahan informasi bagi para pecinta ikan hias khusunya ikan arwana.

0 komentar:

Posting Komentar