Home » , , » Tips Jika Lampu Akuarium Padam

Tips Jika Lampu Akuarium Padam

Tips Jika Lampu Akuarium Padam

Tips Jika Lampu Akuarium Padam(akuariumikanhiasku) | Bila listrik kebetulan mati akan men jadikan automatis air didalam akuarium tak memperoleh kandungan oksigen yang cukup. Mungkin saja akan muncul pertanyaan dalam benak anda  Kapan dan berapa lama waktu yang diperlukan agar arwana bisa bertahan hidup dalam keadaan tak ada oksigen dari aerator, lalu apa yang perlu dilakukan apabila  listriknya mati terlalu lama. 
Ikan arwana sebenarnya tak membutuhkan oksigen yang terlampau banyak tidak seperti ikan koi atau mas koki.
Jadi dengan adanya filter untuk mensuplai oksigen tidaklah  mempunyai dampak yang besar untuk ikan arwana, namun filter mempunyai manfaat untuk menyaring kotoran agar air tak cepat menjadi keruh yang disebabkan kotoran hal semacam ini mengakibatkan nitrit bertambah serta mikroorganisme bisa berkembang dengan cepat.


Baca Juga : Memilih Tanaman Aquascape Untuk Pemula


Bila anda megalami keadaan yang seperti itu segera ganti  air 1/2 nya  saja dengan air yang jernih atau baru . 
kemudian kurangi pemberian makanan seperti udang atau hewan hidup yang lain yang membutuhkan banyak oksigen terlarut di air karena hewan itu pasti akan mati saat sebelum dikonsumsi oleh ikan arwana serta bisa mengotori air. Jadi berikanlah makana secukupnya yaitu diberi satu  dalam satu hari agar kotoran ikan arwana tak terlampau banyak. Untuk pergantian air lakukan  2 x dalam satu hari yakni pagi serta sore.


Kemudian tingkatkan suhu air dalam akuarium serta jaga agar suhu dalam akuarium terus stabil mungkin saja diperlukan untuk anda yang meletakan akuarium didalam ruang ber AC yang mempunyai temperatur suhu seputar 19 hingga 20 derajat C serta suhu air saat malam seputar 17 hingga 17 derajat C. 

Di alam ikan arwana hidup dengan suhu antara 24 sampai dengan  30 derajat C , serta saat malam suhu air berkisar anatara 21 hingga 23 derajat C. Bila suhu air terlampau rendah ikan arwana akan mengalami  kehilangan nafsu makan dikarenakan mengalami stres, dengan perilaku ikan arwana akan berdiam di sudut akuarium. Oleh karenanya dianjurkan memakai pemanas air agar keadaan air tak terlampau dingin dengan pengaturan pada suhu 26 derajat C. Jika suhu air terlampau panas atau dingin heater bakal menyetabilkannya. Agar suhu air bisa dikontrol, manfaatkanlah termometer.

Tujuan dari pemasangan heater dengan suhu 26 derajat C agar suhu air bisa menyeimbangi suhu yang ada bagian luar akuarium. Janganlah menempatkan suhu heater terlampau tinggi, di kuatirkan kaca akuarium akn menkadi  pecah lantaran  adanya ketidaksamaan suhu didalam akuarium dengan bagian  luar akuarium. Sebaiknya pada saat malam hari anda menempatkan stereo-foam di tiap-tiap sisi dari akuarium agar suhu air didalam akuarium tidaklah dipengaruhi oleh suhu malam di ruang. Agar stereo-foam tampak rapi pakai cutter untuk memotongnya sesuaikan dengan ukuran pada akuarium, untuk ketebalannya sendiri sekitar 1 cm. Pakai doubletip untuk melekatkannya pada kaca akuarium. 
Pemasangan stereofoam mempunyai tujuan agar suhu dari AC bisa diredam hingga suhu air tak dipengaruhi oleh suhu AC. Stereofoam bisa anda dapatkan di toko perlengkapan ikan hias atau toko furniture. Terkecuali memakai stereofoam anda bisa memakai karton yang tidak tipis serta pakai karton yang polos lantaran bila ada tulisan seperti pada karton sisa pembungkus barang elektronik ikan arwana bisa menjadi stres.


Baca Juga : Membuat Filter Air Koi Supaya Kolam Tidak Keruh


Demikian artikel Tips Jika Lampu Akuarium Padam sehingga kita dapat mengetahui apa saja langkah yang harus dilakukan jika hal ini terjadi 

1 komentar:

  1. sungguh bermanffat om.. ijin nyimak ya. semoga menjadi referensi

    http://cjaquatic.blogspot.com

    BalasHapus